Sabtu, 25 Februari 2012

KITA SUDAH JADI SENIOR LHO...


Hmmm gak nyangka ya lkalo kita udah punya “ adek”... ( Adek maba maksudnya, bukan yang itu tuh,,, yang ituuuu *halah wes lanjut). Melihat maba 2011 pasti akan membuat kita sedikit bernostalgia. Ya pasti tidak akan menyangka bahwa dulu kita gak jauh beda dengan mereka, sama culunnya(hehehe becanda..), sama gak taunya soal dunia perkuliahan bakal seperti apa, soal gimana dosennya, soal gimana mekanisme perkuliahan, soal gimana menghadapi kehidupan mahasiswa yang di klaim jauh berbeda dengan masa masa paling indah, masa masa di sekolah(hehehe malah nyanyi...) . Pancen benar kalo kilah memang beda dengan SMA. Hehehe. Terus apa yang harus dilakukan??? Yup jurus paling ampuh adalah ngedeketin kakak kelas aliase senior, entah masih satu jurusan, satu universitas/institusi/akademi/politeknik, bahkan lintas jurusan, lintas kampus dan lain lainnya lupa(wkwkwkw).

Membuka pertanyaan, pasti kenalan dahulu, basa basi terus langsung jadi ajang curhat(pengalaman rekk. pengalaman), atau yang mungkin udah kenal kakak kelasnya, wes langsung aja gak perlu kenalan lagi langsung cerita panjang lebar tinggi menjadi luas dan volum(alay....). 

Saat cerita, uessssssssss lupa waktu, mbaknya yang senior dengan penuh sabar mendengarkan celoteh adeknya, sambil manggut-manggut. Jika dirasa adeknya selesai bercerita, baru lah sang mbak angkat bicara. Dengan nada yang halus, mbaknya membagi pengalaman. Luama. Celakanya jika pengalaman mbaknya lebih buruk dari pada adeknya, jadi adeknya gak jadi sedih, malah sdikit bersyukur lalu berucap dalam hati ” ternyata ada yang lebih parah dari aku, hehehe”.

Sang mbak membimbing sdikit demi sedikit lama lama menjadi bukit. Memberi wejangan. Dan si adek juga sudah merasa tertolong. Alhamdulillah. Perjalanan  adek dalam pencarian pencerahan telah usai. Merasa tenang dan ada sedikit gambaran. Lebih baiklah dari pada tadi blank. Heheeh. Kalo udah gini, ucapan terimakasih, matur suwun di lontarkan untuk sang mbak dengan penuh suka cita. Rasanya kaya dapat rejeki nomplok. Hehehe. Dan konsultasi ini gratis lho. Dengan suka rela wejangan dari mbak.

Cuplikan diatas sama gak dengan pengalaman teman-teman???? Sedikit beda wajarlah pengalaman tiap orang beda-beda kok. Tapi intinya sama. Hmmm kalo tahun lalu kita diposisi adek, maka tahun ini besar kemungkinan kita berada di posisi mbak. Tak menutup kemungkinan kronologi ceritanya sama sperti yang temen-temen alami. Contoh paling mudah dan gampang, pas ketemu sama adek kelas sejurusan. Pasti deh ceritanya gak bakal putus. Tapi gini teman-teman aku pengen berpesan, bahkan inti dari penulisan tuliasan kali ini. Aku Cuma pengen ngingetin aja, yang mana kita sudah selangkah lebih maju dari mereka. Paling gampang karakter dosen. Ini nih yang paling jadi momok dikalangan mahasiswa. Jika dosennya super disiplin. Pasti kita sudah mengetahui makna tersirat dari dosen yang super disiplin. Yup membuat kita belajar dengan serius. Meski kita selalu ngrasani,ngomongin, mengumpat, bahkan paling parah sumpah serapah tak jarang mengalir deras dari mulut teman-teman, kepada beliau tiap waktu dan mungkin membuat beliau selalu keduten. Namun disuatu kesempatan pasti kalian akan memuji beliau, walau frekuensi memuji lebih sedikit dari pada menghujat beliau. Ckckck.

Nah dosen yang kayak begini nih yang musti hati-hati menjelaskan karakternya pada adek kelas. Dikhawatirkan membuat mindset adekknya negatif duluan. Takut sebelum menghadapi sendiri. Apalagi saking jengkelnya  pada beliau  temen-temen bakal mendramatisasi cerita tersebut. Ini yang bahaya. Nyali adeknya bisa semakin menciut. Takut banget. Temen-temen bahkan sudah ngalamin sendiri bukan??? Yang ada saat jam kuliahnya suasana menjadi mencekam. Hiiiiii jangan sampai itu terjadi lagi pada adek kita. Nah makanya kalo crita ke adek kelas ceritakan bahwa sebenarnya dosen tersebut mempunyai tujuan baik. Intinya dibuat makna tersirat aja bahwa dosen itu begitu. 

Biarkan adeknya merasakan sendiri sensasinya. Hehehe. Kalo adenya lebih dulu mendengar cerita yang tidak-tidak dari orang lain, tolong luruskan lagi, jelaskan manfaat-manfaat dari sikap dosen tersebut. Beri dukungan pada mereka.
                  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar